7 Bahan Herbal Untuk Mengobati Batuk dengan Tradisional

7 Bahan Herbal Untuk Mengobati Batuk dengan Tradisional – Pernahkah anda mendengar bahwa orang zaman dahulu terkesan lebih sehat dan panjang umur ? Selain karena memang kuasa Tuhan, mereka yang memang hidup di zaman dahulu selalu memanfaatkan bahan – bahan alami untuk membuat makanan, minuman bahkan diraciknya menjadi obat. Jika anda sedang mengalami sakit tenggorokan atau batuk, simaklah cara mengatasi batuk dengan tradisional berikut ini.

7 Bahan Herbal Untuk Mengobati Batuk dengan Tradisional


Mengatasi batuk dengan tradisional selain menghemat biaya anda untuk berobat, cara ini tentu lebih aman jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat – obatan. Hanya saja, anda perlu sabar dalam melalui prosesnya. Seperti misalnya menumbuk bahan atau menyeduhnya terlebih dahulu.

1# Sirih Merah

Cara mengobati batuk dengan tradisional yang pertama adalah menggunakan sirih merah. Ambillah 5 lembar daun sirih merah dan rebus dengan 2 gelas air hingga menyisakan satu gelas air saja. Anda bisa meminumnya dua kali sehari secara teratur.

2# Jahe Merah

Untuk jenis jahe merah, bisa bisa anda gunakan dalam memberantas batuk kering. Bahan ini menjadi salah satu alternatif cara menghilangkan batuk dengan bahan tradisional. Ambil beberapa ruas jahe dan bakar di atas api hingga kecoklatan dan beraroma harum. Geprek dan rebus dengan 2 gelas air. Rebus hingga tersisa satu gelas saja kemudian tambahkan gula merah. Minum selagi hangat.

3# Kencur

Masih dengan bahan – bahan tradisional yang aman. Tidak hanya enak untuk dijadikan bumbu masakan tapi juga manjur digunakan sebagai obat batuk tradisional. Buatlah ramuan dengan jahe sebagai minuman. Perpaduan keduanya akan menurunkan intensitas batuk anda dan menyembuhkannya. Konsumsi secara rutin sebagai cara mengobati batuk dengan tradisional.

4# Jeruk Nipis

Cara tradisional mengatasi batuk dengan cepat juga bisa datang dari jeruk nipis. Banyak cara dalam membuat ramuannya. Salah satunya, anda bisa mencampurkan kecap dan seduh menggunakan air hangat. Minumlah secara rutin agar batuk anda terobati dengan cara yang alami.

5# Campuran Madu dan Lada Putih

Tumbuhan lada merupakan tumbuhan yang banyak ditemui di Indonesia. Memang lebih banyak dimanfaatkan sebagai bahan atau bumbu masakan. Tetapi, anda bisa meraciknya dalam mengatasi batuk seperti mencampurkan madu dengan sedikit lada bubuk. Minum rutin 2 – 3 kali sehari.

6# Kunyit

Cara mengobati batuk dengan tradisional selanjutnya adalah dengan lada. Manfaatnya bisa anda gunakan mengatasi batuk. Kunyit mengandung antibiotik yang baik dalam mengatasi batuk. Kandungannya mengatasi peradangan di saluran pernafasan yang menyebabkan batuk kering. Campur satu sendok lada dan kunyit bubuk kemudian seduh dengan air hangat. Konsumsi secara rutin.

7# Asam Jawa, Cara Mengobati Batuk dengan Tradisional

Bagi sebagian orang, asam jawa sangat cocok digunakan sebagai bahan membuat minuman. Tidak hanya itu, asam jawa juga bisa mengatasi batuk secara tradisional. Ambil 10 buah daging asam jawa dan seduh dengan air panas. Tambahkan sedikit madu kemudian minum teratur 2 – 3 kali sehari.

Bahan Herbal Lainnya Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Mengobati Batuk 


8 Asam Jawa dan Gula Merah
9. Jahe
10. Cabe jawa dan Madu
11. Daun Kayu putih
12. Daun Pegagan
13. Kencur dan Bunga Belimbing
14. Kukusan Apel
15. Daun Saga, Sirih dan Gula Merah
16. Daun Pare
17. Umbi Garut
18. Daun Sembung
19. Kantung Semar
20. Jeruk Purut dan Kuning Telur
21. Tangkai Daun Bira
22. Campuran Jeruk Nipis dan Kecap
23. Jeruk Sitrun dan Kapur Sirih
24. Rimpang Jahe
25. Biji KapulagaBiji Tepusala
26. Bunga Tapak Dara
27. Kulit Kayu Ketapang
28. Kulit Batang Popohan
29. Kulit Batang Katamba
30. Jahe, Akar Kalak Kambing dan Bawang Merah
31. Daun Pare
32. Kalak Kambing dan Kelapa Kering
33. Daun Utuh Perepat
34. Tanaman Kumis Kucing
35. Daun Sembung
36. Buah Kedungkel
37. Pucuk Daun Empritan
38. Daun Kibaseta
39. Pn Kowang
40. Air Bambu Kuning
41. Daun Sambang
42. Daun Sirih
43. Campuran Kelopak Bunga Rosella
44. Buah Mengkudu
45. Wortel dan Gula Aren
46. Buna Kering Kenikir
47. Daun Po’o, Daun Sagamanis dan Mengkudu
48. Herbal Tari Putri
49. Cabe, Lempuyang, Kapulogo, Kayu Manis dan Kencur
50. Daun Mint
51. Lemon
52. Sup Hangat

Bijak rasanya jika anda memilih mengatasi batuk dengan cara tradisional. Anda maupun anak – anak anda yang mengalami batuk akan aman mengonsumsinya sesuai dengan takaran dan saran. Mulailah dengan mengetahui langkah atau resep dalam pembuatannya. Jadikan tubuh kembali sehat dengan cara tradisional.

0 komentar

Posting Komentar