7 Pantangan Asam Urat Yang Harus Anda Ketahui

10 Pantangan Asam Urat Yang Harus Anda Ketahui  – Penyakit asam urat mungkin sudah cukup familiar untuk anda ketahui. Beberapa orang mengeluhkan penyakit ini karena merasa tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitasnya.

7 Pantangan Asam Urat Yang Harus Anda Ketahui


Biasanya penderita asam urat akan mengalami sakit pada bagian persendian ketika kadar asam uratnya meningkat atau bisa disebut kadar purin. Penderita jadi sulit untuk bergerak, menggenggam atau sering serasakan kesemutan terutama pada bagian telapak tangan dan kaki.

Kadar purin yang meningkat disebabkan oleh kinerja ginjal yang sudah menurun, dimana kondisi ginjal menghasilkan kadar purin yang berlebihan. Dan meyebabkan kadar purin tersebut mengendap di sendi-sendi pada tubuh. Dan apabila dibiarkan, maka akan menyebabkan penyakit gagal ginjal.

Untuk itu, Jika kondisi asam urat ini sudah terjadi, maka cara yang bisa dilakukan adalah melakukan pengobatan ke dokter. Namun di samping itu, anda bisa menghindari pantangan yang bisa menyebabkan kadar asam urat meningkat. Biasanya pantangan tersebut bisa anda lakukan dengan membatasi sejumlah makanan dan minuman tertentu.

10 Pantangan Asam Urat yang Harus Anda Ketahui

 

Terdapat 10 pantangan yang harus anda ketahui apabila anda sudah terkena penyakit Asam urat. Dimana kebanyakan dari pantangan tersebut merupakan larangan mengkonsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi. Selain itu gaya hidup tidak sehat juga dapat menyebabkan asam urat, berikut 10 pantangan asam urat yang bisa kami rangkum untuk anda.

1# Daging-Dagingan

Telah diketahui jika asam urat disebabkan oleh kandungan purin dalam darat yang terlalu tinggi dan tidak dapat diekskresikan oleh ginjal. Jika tidak mau terkena asam urat atau bagi anda yang sudah terkena dan mau menurunkan resikonya.

Maka hindari makanan yang mengandung purin tinggi, misalnya saja seperti makanan yang berasal dari daging-dagingan. Daging sapi, daging kamping, daging , unggas, daging babi, dan jenis daging lainnya.

2# Beberapa Makanan Laut

Jika sebelumnya anda adalah orang yang suka mengkonsumsi makanan laut atau seafood, maka kali ini batasi atau hindari makanan tersebut. Karena beberapa makanan laut sangat tinggi kandungan purinnya, jika tidak dilakukan pantangan terhadap makanan ini, maka kadar asam urat dalam darah akan semakin tinggi.

Tentu hal ini sangat membahayakan untuk anda yang sudah mengidap penyakit asam urat. Beberapa makanan laut yang harus dibatasi atau dihindari adalah kepiting, kerang, lobster, udang, tiram, makarel, ikan asin,dan Cumi-Cumi.

3# Jeroan

Perlu anda ketahui bahwa, jeroan hewan seperti sapi, ayam atau kambing sebenarnya merupakan makanan yang tidak sehat dan tidak di rekomondasi untuk di makan. Dan selain bisa menyebabkan asam urat juga dapat menimbulkan penyakit lainnya.

Untuk itu makanan yang satu ini sebaiknya benar-benar anda hindari. Karena Kandungan purin di dalam jeroan sangatlah tinggi dan hal ini bisa meningkatkan kadar asam urat bagi penderitanya. Dan makanan jeroan yang harus dihindari adalah hati, usus, limpa, babat, paru-paru dan organ dalam lainnya.

4# Sayuran

Sayuran memang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, namun dari jenis sayuran tersebut ada juga yang memiliki kandungan purin tinggi. Misalnya saja seperti bayam, kacang polong, kembang kol, asparagus, jamur, dan sejenis sayuran yang di santan juga mengandung purin tinggi.

Namun sebenarnya sayuran yang disebutkan diatas masih bisa anda konsumsi, asalkan cara memasaknya yang diperhatikan. Seperti sayur bayam, dimana sayur tersebut jangan di masak dengan minyak. Dan lebih baik sayur-sayuran dimasak dengan cara di rebus daripada di masak dengan minyak goreng atau dibuat oseng-oseng.

5# Makanan dan Minuman Manis

Meskipun kandungan purin di dalam gula sangat rendah, namun jika minuman yang anda konsumsi terus menggunakan pemanis gula hal ini akan menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah. Selain menghindari minuman manis, mengkonsumsi permen, coklat,  juga bisa menimbulkan asam urat.

Bagi yang sudah terkena asam urat, maka sangat disarankan untuk menghindari pengkonsumsian gula. Namun bagi anda yang masih memiliki gejala asam urat, sebaiknya kurangi penggunaan gula secara berlebih.

6# Alkohol

Alkohol sejatinya merupakan minuman untuk menghangatkan badan di daerah dingin dan diminum sesuai dengan prosi yang tepat. Tapi orang Indonesia kebanyakan mengkonsumsi alkohol hanya untuk bersenang-senang dan hanya akan menimbulkan penyakit hati maupun asam urat bahkan dapat menimbulkan serangan jantung.

Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, minuman beralkohol juga memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Alkohol juga dapat memicu terjadinya dehitrasi yang berlebih, yang mana jika anda penderita asam urat hal ini akan menyebabkan tubuh terasa sakit dan nyeri.

7# Hindari Mandi di Malam Hari

Kebiasaan ini mungkin terjadi pada anda, mandi di malam hari sebenarnya sah-sah saja. Namun bagi penderita asam urat akut maka sebaiknya hindari untuk mandi di malam hari. Hal ini akan memicu terjadinya radang persendian dan timbulnya rasa nyeri yang berlebih.

Tapi apabila memang anda ingin mandi di malam hari karena memang ada pekerjaan atau kondisi tubuh yang tidak enak. Maka tidak masalah untuk mandi di malam hari, namun anda harus menggunakan air hangat agar tidak menimbulkan nyeri pada sendi anda yang terkena asam urat. Serta ketika mandi tidak perlu lama, sebisanya untuk mandi secara singkat dan tidak berlebihan.

8# Makanan Mengandung Ragi

Makanan yang biasanya mengandung ragi adalah roti, tape, kue cake, dan minuman berfermentasi. Dimana makanan tersebut juga mengandung kadar purin yang sedang. Namun alangah lebih baiknya agar anda tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan tersebut. Contohnya adalah makanan roti, apabila anda sering sarapan dengan roti dimana anda bisa mengkonsumsi hanya sekali-sekali saja.

Selain roti, minuman berfermentasi seperti susu Yoghurt juga mengandung kadar purin yang tinggi. Karena minuman susu Yoghurt yang kebanyakan dijual rata-rata mengandung pengawet yang membahayakan tubuh.

9# Kacang-Kacangan Tertentu

Makanan kacang merupakan makanan nabati yang sangat sehat namun sangat tinggi purin, dimana dapat menimbulkan asam urat. Untuk itu makanan yang mengandung kacang wajib anda hindari apabila anda sudah terkena penyakit asam urat seperti melinjo, kacang hijau, dan kacang tanah.

Bahkan tahu dan tempe juga harus anda hindari, walaupun kategori makanan tersebut bagus untuk tubuh namun sebaiknya anda membatasi makanan tersebut dengan porsi yang sedikit dan tidak setiap hari atau sekali-sekali saja.

10# Hindari Makanan Cepat Saji Atau Junk Food

Apabila anda sudah memiliki penyakit asam urat, lebih baik anda harus menghidari mengkonsumsi makanan cepat saji. Dimana makanan tersebut memiliki kandungan lemak dan gula yang sangat tinggi. Serta kadar purin yang tingga dan sangat tidak sehat untuk tubuh anda.

Selain makanan cepat saji yang biasanya dijual pada pusat perbelanjaan, hindari juga mengkonsumsi makanan kalengan dan mie instan. Dimana makanan tersebut juga tidak bagus untuk tubuh, karena kandungan pengawet yang bisa meyebabkan beratnya kerja ginjal dan membuat ginjal menghasilkan kadar purin yang banyak pada tubuh.

Makanan Yang Bagus Untuk Penderita Penyakit Asam Urat

 

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang tidak bisa anda anggap remeh, dimana kadar asam urat normal sekitar 3,5 sampai 7 mg/dl untuk pria , sedangkan pada wanita berkisar 2,6 sampai 6 mg/dl. Apabila kadar asam urat anda tinggi, segera hindari makanan atau pola hidup tidak sehat yang bisa menimbulkan asam urat.

7 Pantangan Asam Urat Yang Harus Anda Ketahui


Salah satu makanan terbaik untuk penyakit asam urat adalah, buah Stawberry yang sudah tua, menggunakan minyak zaitun dan menggunakan bumbu bawang putih pada semua menu makanan yang anda masak. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi kopi tanpa gula, namun lebih baik hanya 1-2 cangkir saja.

7 Pantangan Asam Urat Yang Harus Anda Ketahui


Selain itu pola hidup sehat lebih anda perhatikan, seperti berolahraga teratur dan tidak membiasakan diri dengan mandi pada malam hari dengan air dingin. Dan selalu mengkonsumsi air putih secara cukup dan tidak berlebihan.

Dengan 10 pantangan asam usat yang anda ketahui di atas, maka anda pun bisa menghindarinya sedikit demi sedikit. Asam urat adalah sebuah penyakit yang bisa memicu terjadinya resiko gagal ginjal jika tidak ditangani sedini mungkin. Jadi lakukan pantangan penyakit asam urat agar kadar purin tetap stabil.

0 komentar

Posting Komentar