10 Penyebab Penyakit Asma dan Mengatasinya

10 Penyebab Penyakit Asma dan Mengatasinya  – Asma adalah suatu penyakit yang diakibatkan adanya penyempitan di dalam saluran pernafasan. Biasanya penderita akan kesulitan untuk bernafas ketika asma sedang menyerang. Jika hal ini sudah terjadi, maka ada banyak cara yang bisa dilakukan terutama untuk orang-orang yang berada disekitarnya.

10 Penyebab Penyakit Asma dan Mengatasinya


Penyakit asma sendiri disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya saja faktor keturunan yang menyebabkan penderita memiliki penyakit asma sedari kecil. Ada pula faktor lingkungan yang tidak baik, sehingga seseorang bisa terkena serangan asma kapan saja. Penyakit asma memang bisa diderita oleh siapa saja, baik anak-anak, dewasa hingga orang tua. Untuk lebih jelasnya, berikut 10 penyebab penyakit asma dan mengatasinya.

10 Penyebab Penyakit Asma Paling Umum Ditemui


1# Faktor Genetik (Keturunan)

Penyakit asma sebagian besar memang disebabkan adanya faktor genetik atau keturunan. Biasanya jika ada keluarga yang menderita penyakit asma entah itu dari Bapak/Ibu, Kakek/Nenen. Maka anak akan lebih tinggi memiliki resiko terkena asma. Jika penyakit ini disebabkan oleh faktor keturunan, biasanya untuk pengobatannya pun juga lebih sulit, hanya bisa diatasi dengan beberapa cara tertentu misalnya terapi, pola hidup sehat, memperhatikan asupan makanan dan minuman, dll.

2# Infeksi Organ Paru-Paru

Penyebab asma berikutnya juga sering diakibatkan adanya infeksi pada organ paru. Jika penderita memiliki keluahan infeksi paru-paru, maka cara mengatasinya bisa dengan pengobatan dokter atau dilakukan terapi khusus.

3# Alergi Terhadap Makanan Tertentu

Biasanya penyebab asma juga bisa diakibatkan oleh makanan atau minuman tertentu. Jika penderita memiliki alergi terhadap makanan atau minuman yang menyebabkan asmanya kambuh. Maka cara mengatasinya dengan hindari makanan atau minuman tersebut.

4# Alergi Terhadap Hewan Tertentu

Tidak jauh berbeda dengan alergi makanan tertentu, penyakit asma juga dapat dipicu adanya alergi terhadap hewan berbulu, seperti kucing, anjing, hamster, dan lainnya. Untuk mengatasinya dengan hindarkan hewan-hewan tersebut pada penderita asma.

5# Udara yang Kotor

Penyakit asma juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan yang buruk, misalnya saja seperti udara yang kotor, adanya polusi udara, hirupan asap rokok, dan lain sebagainya. Bagi penderita asma maka sebaiknya rutin menggunakan masker agar udara yang terhirup tidak mempengaruhi organ pernafasannya.

6# Paparan dengan Zat Kimia

Faktor lingkungan berikutnya juga dapat dipicu karena adanya paparan zat kimia tertentu. Jika penderita memiliki saluran pernafasan yang sangat sensitif, maka hal ini bisa memicu serangan asma. Cara mengatasinya adalah dengan rutin menggunakan masker.

7# Cuaca

Penyebab penyakit asma juga dapat diakibatkan adanya faktor cuaca yang tidak menentu, misalnya saja seperti cuaca dingin, berangin, hujan, dan lain sebagainya. Biasanya penderita asma belum mampu beradaptasi dengan kondisi cuaca tersebut. Untuk mengatasinya penderita bisa menggunakan penghangat pakaian atau bisa juga dengan cara yang lain.

8# Strees Berlebihan

Faktor inilah yang biasanya dapat memicu serangan asma sering kambuh. Adanya strees berlebih  yang membuat beban pikiran semakin tinggi membuat penderita akan lebih sering mengalami serangan asma. Hindari untuk memikirkan hal-hal tertentu yang menyebabkan pikiran menjadi strees.

9# Aktivitas yang Berlebihan

Melakukan aktivitas yang berlebih seperti olahraga berat sangat tidak disarankan pada penderita penyakit asma. Aktivitas berlebih inilah yang menyebabkan adanya gangguan pada sistem pernafasannya. Hindari untuk melakukan aktivitas berat yang memicu rasa capek secara berlebih.

10# Tekanan Emosi

Tekanan emosi yang tinggi juga dapat menyebabkan penderita mengalami serangan asma misalnya saja seperti sedih yang berlebihan, marah, tertawa, dan sebagainya. Kontrol emosi anda agar serangan asma tidak kambuh kembali.

Cara Mengatasi Asma Apabila Kambuh 


Apabila asma  anda kambuh, hal pertama yang harus anda lakukan adalah tetap tenang dan berdoa agar anda diberikan ketenangan dan kekuatan. Dan mintalah pertolongan pada orang sekitar untuk membantu anda. Dengan cara melambaikan tangan, apabila anda sedang membawa kendaraan sendiri segera untuk turun dari kendaraan anda dan segera minta pertolongan.

Jangan pernah sendirian di ruangan dingin atau berada di tempat yang sepi, dan apabila anda memang merupakan penderita asma jangan pernah jalan keluar rumah sendirian tanpa membawa inhaler. Dan selalu menyimpan nomor darurat agar orang yang membantu anda  bisa mudah  menghubungi  nomor penting pada ponsel anda.

10 Penyebab Penyakit Asma dan Mengatasinya


Duduklah pada  posisi nyaman, dan hindari berbaring yang hanya membuat asma tambah parah. Gunakan inhaler dengan nyaman. Apabila asma anda reda, segera cari minuman hangat yang mengandung madu atau minuman jahe agar nafas anda bisa lega.

Penyakit asma memang dapat muncul dimana saja, untuk itu bagi anda yang menderita penyakit asma untuk selalu siaga ketika berada di luar rumah maupun sedang beraktifitas. Dimana serangan asma bisa terjadi kapan pun. Demikian artikel ini semoga bermanfaat, terima kasih.

0 komentar

Posting Komentar